Monday 14 May 2012

Liga Inggris 2011/12, Catatan Akhir




First thing first, Selamat kepada Manchester City FC, juara Liga Inggris 2011/2012, deserved winner. Ucapan selamat juga saya tujukan kepada seluruh fans Manchester City, baik yang sudah lama, masih baru, maupun yang ikut happy karena bukan United (lagi) yang jadi juaranya. ;)

Klasemen akhir tidak berbohong, setelah 10 bulan yang melelahkan, setelah 38 pertandingan, Manchester City layak mendapatkan gelar "Champions" beserta hak untuk menyombongkan diri sebagai juara bertahan, minimal sampai akhir musim depan.

************
Manchester United's empire is crumbling

Konsensus yang ada, melihat musim 2011/12 ini adalah bahwa United overachieved di musim ini. Dengan skuad yang dimiliki dan badai cedera yang harus dihadapi selama satu musim ini, adalah satu keajaiban yang membuat United hanya kalah selisih gol dari Manchester City. United memiliki skuad yang secara individu kalah kualitas (dan harga) dari City. United juga harus kehilangan pemain lebih banyak (dan lebih sering) dikarenakan cedera.

Sedangkan Manchester City underachieved di musim ini. Dengan besarnya nilai investasi mereka dalam segala hal (Belanja pemain, gaji, pembangunan fasilitas, dll) dan juga melihat kualitas skuad yang mereka miliki, mestinya City bisa menjadi juara jauh lebih mudah dibanding yang sebenarnya terjadi.

Kita bisa yakin bahwa City akan kembali membeli pemain baru dengan harga dan kualitas premium, memberikan gaji diatas rata-rata dan akan melepas atau menjual pemain yang dianggap kurang bagus.
Selain itu, skuad City akan semakin kompak setelah pemain-pemain yang dibeli awal musim lalu menjalani satu musim bersama-sama, dan ini hanya berarti satu hal: City akan semakin kuat.

United, sementara itu, akan mendapatkan suntikan dari kembalinya Vidic, Fletcher, Anderson dan Cleverley (dan juga Bebe..!!). Tentu saja ini berarti akan ada perbaikan kualitas, tapi ini tidak akan cukup untuk mengejar ketinggalan dari City, karena, jangan lupa, Scholes akan berumur 38 tahun dan belum tentu bisa bermain konsisten selama satu musim penuh, begitu juga dengan Giggs.

Di skuad United, banyak pemain yang sudah melewati masa keemasannya dan hanya akan makin menurun kemampuannya. Rio Ferdinand, Patrice Evra, Park Ji Sung, Dimitar Berbatov, Michael Owen, bahkan mungkin termasuk Michael Carrick.
Sebagian akan pindah, sebagian akan tetap ada di united, tapi yang jelas, tidak akan ada yang akan bisa kembali ke level penampilan terbaik mereka.

Nani, Young, Evans, Rafael, bahkan Valencia dan Rooney tidak cukup konsisten. Welbeck sepertinya masih kesulitan mencetak gol dan Chicharito tidak cukup memberikan kontribusi ketika dia tidak mencetak gol.

Pemain muda penuh bakat, Ravel Morrison pindah ke West Ham dan sepertinya Paul Pogba juga akan segera menyusul untuk keluar dari United. Zeki Fryers dikabarkan masih menolak memperpanjang kontrak. Jika diperhatikan, ada pola disana, dan ini adalah kabar buruk buat United saat pemain-pemain muda berbakat lebih memilih bermain di klub lain daripada di United.

Relax, it's not the end of the world

Makin stress setelah baca tulisan diatas? Don't be..!!

City adalah tim yang sudah mendekati sempurna dan tidak akan banyak lagi perbaikan yang bisa mereka lakukan, mereka akan menjadi semakin baik dengan tambahan pemain-pemain baru yang akan mereka beli, namun saya percaya pemain-pemain baru ini tidak akan terlalu banyak meningkatkan performa tim secara keseluruhan.... kecuali kalau City membeli Messi dan Ronaldo..!!

United, disisi lainnya, adalah tim yang masih sangat bisa berkembang, bahkan di beberapa lini terdapat kelemahan-kelemahan yang mencolok.
Lini tengah misalnya, ini adalah lini paling lemah dan masih sangat bisa ditingkatkan. Bek kiri, Evra sudah mulai berumur dan United masih tidak punya pelapis yang cukup bagus untuk posisi ini. Bek tengah, performa pemain-pemain di lini ini cukup baik, namun apakah anda bisa membayangkan apa yang terjadi seandainya Rio juga cedera musim ini? Anda cukup percaya kepada duet Evans-Smalling, jika misalnya United bertemu dengan Madrid atau Barcelona?

Saya percaya, tim United ini tidak perlu perombakan besar-besaran untuk bisa kembali menghadapi musim yang akan datang beserta seluruh tantangannya, termasuk untuk merebut kembali gelar juara dari tangan City.
Yang paling penting adalah untuk melakukan perbaikan secara tepat di bagian-bagian yang memang perlu perbaikan.

Midfield, sudah menjadi titik lemah United selama beberapa tahun terakhir. Tanpa bermaksud mengecilkan peran Carrick dan Scholes, lini ini perlu tambahan satu atau dua pemain yang berkualitas, untuk membantu meringankan beban striker dan pemain sayap United yang selama ini terlalu menjadi tumpuan dalam melakukan penyerangan.

Bek kiri, menurut saya juga perlu perhatian. Evra seringkali kehilangan konsentrasi dalam bertahan dan tidak lagi cukup disiplin dalam hal penempatan posisi. Mungkin dengan datangnya bek kiri baru, akan bisa memacu Evra untuk bermain lebih baik.

Striker, Jika benar bahwa Berbatov akan dijual dan Owen akan dilepas, ini berarti United hanya akan punya 3 striker. Rooney dan dua pemain yang masih belum 100% matang. Jujur, saya tidak berani membayangkan apa yang akan terjadi seandainya Rooney cedera panjang.

Now, saya tahu apa yang akan saya tulis ini akan menimbulkan pro dan kontra, tapi mengingat kondisi keuangan United, tidak ada salahnya untuk mencoba merekrut Didier Drogba untuk 1 atau 2 musim, jika memang dia akan dilepas Chelsea setelah kontraknya habis musim ini.

Saya sendiri bukan penggemar Drogba, terlebih dengan gaya bermainnya (dan juga diving-nya) yang cukup sukses membuat tim rival emosi. Namun terlepas dari semua itu, Drogba memenuhi semua syarat yang dibutuhkan United saat ini; berkualitas, gratis dan tidak akan menghalangi perkembangan Welbeck, Chicharito dan striker-striker muda lainnya.

Jika United melakukan perbaikan secara tepat, saya yakin, musim depan United akan kembali bisa merebut kembali gelar juara dari tangan City dan juga berprestasi lebih baik di Champions League.


Dan jika ada orang yang saya percaya 100% untuk menerima dan mengalahkan tantangan dari Manchester City.... it's Sir Alex Ferguson.

@Acil_MUFC

No comments:

Post a Comment