Tuesday 31 July 2012

Rencana IPO MUFC & efeknya (for Dummies)


Disclaimer: Acil akan berusaha seminimal mungkin menggunakan istilah-istilah finansial yang rumit, tapi apabila masih ada yg belum jelas, feel free untuk mention Acil di twitter (atau cari tau di google.com)

about to be ruined by the Glazers..??

Setelah membaca prospektus awal (3 Juli 2012) untuk rencana penjualan saham perdana (Initial Public Offering - IPO) Manchester United di bursa saham New York (New York Stock exchange - NYSE), jujur ada sedikit rasa optimis muncul.
Disitu jelas-jelas ditulis bahwa semua hasil penjualan saham akan digunakan untuk membayar hutang MUFC yang jumlahnya mencapai £423 juta dan ini adalah kabar bagus buat United, karena dengan hutang yang berkurang, teorinya, pengeluaran untuk membayar bunga juga akan berkurang, yang berarti uang tersebut bisa digunakan untuk hal lain yang lebih berguna untuk MUFC (Pembelian pemain, gaji, perbaikan fasilitas latihan, dll)

Namun kemarin (30 Juli 2012) Glazers melakukan revisi atas prospektus awal tersebut, dan beberapa informasi/revisi yang ada disitu benar-benar membuat Acil benar-benar prihatin.

Berikut adalah 2 hal utama dari prospektus terbaru, dengan bahasa yang paling sederhana:

1. Jumlah saham yg akan dijual, nilai dan penggunaannya
Jumlah saham yg akan dijual adalah sebanyak 16.666.667 lembar atau sekitar 10.2% dari total saham yg ada, dengan perkiraan harga awal antara $16 - $20. Jika diambil nilai tengahnya, $18 per lembar, maka nilai totalnya adalah $300juta (Tiga ratus juta US dollar) atau £190juta (Seratus Sembilan puluh juta poundsterling).

Dari jumlah tersebut, 50% akan digunakan untuk membayar hutang (setelah dikurangi biaya-biaya yang muncul untuk IPO ini), dan 50% lagi akan masuk ke saku Glazers pribadi)

Note: Jika permintaan akan saham berlebih, maka Glazers berhak menjual tambahan saham sebanyak 2.500.000 lembar (atau $45juta) dan hasil penjualannya akan masuk ke saku Glazers pribadi.

Perubahan yg sangat signifikan, 180 derajat dari prospektus awal yang menyatakan bahwa SEMUA hasil penjualan saham akan digunakan untuk membayar hutang, namun di prospektus terbaru ini, hanya SEPARUH yang akan digunakan untuk membayar hutang.

Sesuai angka-angka diatas, MUFC dinilai sebesar $3milyar atau £1.9milyar. Angka yang sangat-sangat optimis, menurut Acil.

2. 2012 Equity Incentive Award Plan
Apa itu?
well, sederhananya itu adalah paket insentif/bonus yg akan diberikan kepada karyawan, konsultan atau direksi yang terpilih, yang dianggap berprestasi (atau yg sangat membela Glazers, kalau kita mau sedikit sinis)
Sejumlah maksimal 16.000.000 lembar saham senilai $288juta akan dialokasikan untuk hal ini, dengan perincian yang akan ditentukan kemudian.

Poin ini yang terus terang membuat cara pandang Acil berubah drastis, terutama pandangan Acil terhadap Sir Alex Ferguson.

Selama ini Acil selalu beranggapan bahwa Sir Alex Ferguson SELALU melakukan apa yang menurut beliau adalah yang terbaik bagi Manchester United, dan Acil selalu membela beliau, termasuk yang terakhir saat Sir Alex menyatakan bahwa kepemilikan Glazers tidak berpengaruh terhadap "footballing matter" sekaligus menyindir bahwa fans yang tidak bisa melihat hal ini adalah bukan "real fans".

Sebelumnya Acil 100% percaya bahwa Sir Alex mengatakan yang sebenarnya, bahwa meskipun hutang menumpuk namun Glazers tidak pernah menolak permintaan dana dari Sir Alex untuk membeli pemain baru. Acil percaya 100% bahwa jika selama ini United tidak melakukan pembelian pemain secara jor-joran, itu adalah karena Sir Alex memang tidak menghendaki pemain-pemain tersebut, bukan karena tidak punya dana.

Namun sekarang, dengan adanya fakta baru bahwa sebagian karyawan yang terpilih akan mendapatkan bonus berupa saham, Acil jadi ragu, apakah selama ini Sir Alex memang selalu mendahulukan kepentingan MUFC atau beliau sangat membela Glazers karena beliau tahu akan mendapatkan saham dengan jumlah yang tidak sedikit.

Ok, Acil tahu, sampai detik ini masih belum jelas apa kriteria, siapa saja yang menerima dan berapa jumlah saham yang akan diberikan sebagai bonus, namun apabila akhirnya ada informasi bahwa Sir Alex menerima bonus saham ini dalam jumlah yang besar... cara pandang Acil terhadap seorang Sir Alex Ferguson akan banyak berubah.

Seperti yang sempat Acil tulis di twitter, "Sir Alex was a "God" in my eyes, will I have the same opinion tomorrow? I'm really really not sure... #sad"

7 comments:

  1. terus gimana solusinya dik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Solusi dari kita sebagai fans? Sayangnya gak ada yang bisa kita lakukan, selain menunggu dan berharap yang terbaik untuk MUFC.

      kecuali anda punya uang sebanyak 3 Milyar US Dollar, boleh mengajukan penawaran ke Glazers untuk membeli United dr tangan mereka. ;)

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Saya pribadi kok sangat menyangsikan sekali jika simbah SAF, dg torehan tinta emas selama 25 th kepemimpinannya di MUFC tidak termasuk dalam daftar "karyawan" terbaik yg berhak menerima insentif/bonus dalam program yg dicanangkan oleh juragan Glazers.
    Dulu, simbah SAF selalu memposisikan dirinya "seolah-olah" netral/di tengah-tengah/tidak berpihak/hanya fokus pada urusan sepakbola saja dll etc....sehingga para fans pun percaya bahwa hanya simbah SAF lah yg bisa diandalkan menjadi "benteng terakhir" idealisme kecintaan fans akan klub MUFC melawan kapitalisme Glazernmics.

    Namun seiring bergulirnya waktu, arah dari pernyataan-pernyataan simbah SAF semakin memperjelas posisinya......sebagai "karyawan" yang wajib membela "majikan" (sangat manusiawi sekali).

    Secara pribadi saya lebih senang melihat simbah SAF pensiun sekarang juga, daripada menjadi antek/cukong/begundal kapital korporat macam Glazers yang bisa merusak reputasi emasnya sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju..

      Acil pribadi sih berpendapat bahwa siapapun yg punya MUFC (seandainya bukan dimiliki oleh Glazers) akan tetap mendukung Sir Alex, karena mereka tahu, berusaha menyingkirkan Sir Alex hanya akan berakibat fatal untuk mereka sendiri...

      Jadi argumen dari Sir Alex bahwa "Glazers selalu mendukung saya" cukup datar jadinya.

      Acil paham bahwa sebagai karyawan, dia tidak mungkin berbicara buruk tentang pemilik perusahaan, tapi pujian-pujian yang belakangan ini dilontarkan Sir Alex thd Glazers cukup membuat Acil kurang sreg... mending gak usah komentar tentang Glazer sama sekali, daripada membela mati-matian, padahal semua orang bisa melihat apa yang telah dilakukan Glazers terhadap MUFC.

      Delete
  4. kalo gak salah setau gw rencana awal IPO MUFC mau dijual di Bursa Efek Singapura tapi kenapa gak jadi ya..??????

    ReplyDelete
    Replies
    1. "Kondisi yang kurang kondusif"

      Bisa jadi gak sesuai dg hukum di Bursa Singapura, bisa jadi karena dikuatirkan kurang diminati pasar, atau sebab lainnya.

      Karena BELUM jadi listing di Singapura, maka tidak wajib menjelaskan alasan batalnya listing di Singapura ke publik.

      Delete